Jumat, 26 September 2008

Belajar Dari Orang Sukses

By Ir. Djoko Komara

Kehidupan ini terus berjalan dinamis, jika kita mempelajari sejarah, kehidupan itu terus bergerak, maka seperti orang bijak berkata bahwa, “ Di dunia ini tidak ada yang abadi kecuali perubahan”. Dalam menghadapi perubahan inilah, kita selalu dituntut untuk mampu memperbarui diri. Pembaruan kompetensi saja tidak cukup. Lebih dari itu diperlukan recode, yaitu mengubah pola pikir. Seperti kata Albert Einstein,” Kita tidak bisa memecahkan masalah-masalah baru dengan cara-cara lama”.

Hal ini mengingatkan saya pada sebuah cerita kisah nyata tentang Burung Pelikan di Amerika yang kisahnya menjadikan inspirasi dan sering diceritakan di buku-buku dan seminar-seminar motivasi.

Kota Monterey, California selama bertahun-tahun merupakan surga bagi burung-burung pelikan. Karena di kota ini terdapat banyak pabrik pengalengan ikan. Burung-burung pelikan sangat menyukai kota ini karena saat para nelayan membersihkan hasil tangkapan mereka dan membuang ikan tangkapan yang kurang bagus maka burung-burung pelikan segera berdatangan berebut ikan tersebut yang merupakan makanan mereka.

Burung-burung pelikan hidup enak tanpa harus bekerja keras untuk mendapatkan makanannya di kota Monterey. Namun dengan berjalannya waktu,ikan-ikan di pantai California mulai berkurang dan satu demi satu pabrik pengalengan ikanpun ditutup. Perubahan inilah yang membuat burung-burung pelikan mendapatkan masalah.

Sebenarnya burung-burung pelikan adalah pemancing alami yang hebat, mereka terbang berkelompok diatas gelombang laut, dan ketika mereka melihat ikan, mereka menyelam ke dalam air dan menangkap ikan dengan paruhnya yang lebar seperti sekop, Burung-burung pelikan yang ada di Monterey tidak pernah berburu selama bertahun-tahun, mereka telah menjadi gemuk dan malas. Kini tidak ada lagi nelayan yang berlayar sehingga mereka menderita kelaparan.

Para ahli lingkungan hidup berpikir keras untuk menemukan cara menolong burung-burung pelikan itu, setelah melalui diskusi panjang akhirnya mereka sepakat dengan satu solusi. Mereka mendatangkan burung-burung pelikan dari wilayah lainnya yang makan dengan cara berburu, yang telah mereka teliti setiap hari dan mencampurnya dengan burung-burung pelikan lokal.

Pelikan-pelikan baru segera mulai mencari makanan mereka sendiri, dan tak lama kemudian burung-burung lokal yang kelaparan bergabung dengan mereka dan mulai memancing makanan mereka sendiri lagi.

Kalau burung pelikan saja mampu belajar dari pelikan yang sukses, maka jika anda merasa diri anda lapar akan kesuksesan, belajarlah dari orang-orang yang sukses dengan menempatkan diri anda bersama dengan mereka, perhatikan bagaimana mereka berpikir, membuat rencana,dan bertindak untuk mencapainya. Bagaimana mereka menterjemahkan kejadian-kejadian yang menurut anda adalah sesuatu kegagalan atau hambatan, dan bagaimana mereka mengatasinya.Seperti pepatah mengatakan, ”Jika murid siap maka gurupun akan datang”.

Tidak ada komentar: